Friday, January 02, 2009

Perfume : The Movie

Seperti yang aku tulis sebelumnya setelah membaca Perfume, A Story Of A Murderer, aku berniat menonton hasil adaptasinya dalam bentuk DVD. Akhirnya tanpa sengaja aku melihat DVD tersebut dalam tumpukan koleksi adikku. Maka jadilah aku menonton film tersebut sambil mengisi waktu libur panjang.

Sebagai sebuah adaptasi sebuah buku, tentu saja sulit untuk memindahkan tulisan ke gambar visual. Maka film ini dibuka secara agak monoton dengan bantuan seorang narator yang bercerita tentang awal kehidupan Grenouille yang menghabiskan waktu lebih dari 15-20 menit. Pastilah bagi yang belum membaca novelnya akan segera merasa bosan. Beruntung gambar yang ditayangkan secara cermat berhasil menggambarkan masa abad ke 18 di sudut kota yang kotor dan kumuh secara nyata dan mampu mengenalkan sosok Grenouille sang tokoh kita. Lalu tokoh Grenouille yang digambarkan sebagai orang yang buruk rupa, lemah, kotor dan tak berarti dibawakan dengan pas oleh Ben Whishaw.

Banyak cerita yang berbeda dari novelnya untuk memudahkan penuturan dalam film ini seperti layaknya adaptasi dari sebuah novel. Hanya disayangkan perubahan berbagai macam karakter Grenouille dan efek pada orang2 yang menciumnya saat menggunakan berbagai parfum tidak digambarkan secara mendalam bahkan hampir tidak ada (kecuali di akhir cerita)... padahal bagiku ini adalah bagian penting dari cerita novel tersebut, yaitu pencarian jati diri Grenouille yang tidak mempunyai aroma tubuh dan mengira menemukannya dalam parfum buatannya itu. Lalu di akhir cerita dimana Grenouille menggunakan parfum yang telah sempurna dan memberikan efek bombastis (membuat seluruh kota dilanda pesta seks dan juga menjadi kanibal) malah digambarkan plek seperti di bukunya... padahal bagiku disinilah keabsurdan novel itu. Mungkin bagi penulis dan sang sutradara hal itulah yang dianggap menjadi klimaks dari keseluruhan cerita ini.

Secara keseluruhan, film dan buku Perfume dapat saling melengkapi sehingga kedua karya tersebut layak untuk dinikmati....

No comments:

    • Popular
    • Categories
    • Archives