Monday, January 05, 2009

Berubah Untuk Yang Lebih Baik

Ada yang berbedakah hari ini? Apakah jalanan lebih lancar dari biasanya? Bila itu terjadi mungkin karena masih banyak yang memperpanjang liburannya atau kah pertanda keberhasilan Pemda DKI setelah memajukan jam masuk sekolah menjadi 6:30?

Ya, siswa2 dan guru2 di Jakarta sekarang harus bangun dan berangkat lebih pagi untuk tidak terlambat sampai di sekolah, karena mulai hari ini setelah liburan akhir tahun jam masuk sekolah di Jakarta dimajukan menjadi 6:30. Pemda DKI beranggapan bahwa dengan mengubah jadwal masuk sekolah maka sebagian masalah kemacetan akan teratasi. Sejak putusan ini dibuat pro dan kontra merebak, semua berlomba2 memberikan alasan masing2. Survey2 yang menguatkan masing2 keinginan mereka digelar hasilnya yang akhirnya malah bikin bingung aku sebagai awam yang berKTP Jakarta.

Bagi yang kontra, alasan mengatasi kemacetan tidak dapat diterima. Waktu tidur yang berkurang yang akan berakibat negatif pada kesehatan dan psikologis anak juga menjadi alasan. Berangkat lebih pagi juga dapat meningkatkan bahaya kriminalitas buat anak. Sedang bagi yang pro beralasan selain mengurangi kemacetan, juga membuat anak lebih segar ketika bersekolah lagipula sudah banyak sekolah yang menerapkan aturan tersebut dari jauh2 hari.

Jujur saja, saya termasuk yang pro. Mengapa? Saya setuju kemacetan tidak akan dapat teratasi hanya dengan memajukan jam masuk sekolah, karena masalah kemacetan adalah masalah integral yang harus dipecahkan secara integral pula dan berkesinambungan. Tapi coba lihat bila saat liburan sekolah, jalanan relatif lebih lancar bukan? Oleh karena itu saya yakin perubahan pasti ada, tapi seberapa besar itu yang harus dibuktikan Foke. Lalu bagaimana waktu tidur anak yang berkurang? gitu aja kok repot.. ya tidur lebih awal dong. Susah? pasti begitu pada awalnya, tapi nanti pasti akan menjadi suatu kebiasaan kan! Masalah kriminalitas? memangnya masalah itu hanya di pagi hari saja? Jakarta adalah kota yang tingkat kriminalitasnya sangat tinggi gak peduli waktunya... kita sebagai ortu dan warga kota yang harus ekstra hati2. Betul?

Aku cuma kuatir ketika perubahan diangkat mereka yang sudah dalam comfort zone merasa terganggu, walaupun perubahan itu ditujukan untuk sesuatu yang lebih baik. Dalam hal ini aku termasuk yang tidak berada dalam comfort zone... tugas mengharuskan aku fleksibel dalam waktu. Mungkin itu sebabnya dasar atas pilihanku yang pro.

No comments:

    • Popular
    • Categories
    • Archives