Tuesday, January 27, 2009

Blunder MUI?

Akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram untuk Golput. Golongan Putih atau golput adalah istilah gaul sekaligus 'sederhana' untuk menyatakan bahwa seseorang tidak (mau) menggunakan hak pilihnya dalam pemilu. Aku tulis 'sederhana' dalam tanda kutip, karena banyak warga negara memilih golput kadang dengan alasan sederhana seperti lokasi TPS yang jauh atau tidak sempat atau sibuk mencari nafkah. Namun juga terlalu menyederhanakan masalah karena golput juga disebabkan apatisnya pemilih dengan polah para anggota dewan terhormat, janji2 surga sebelum pemilu yang takkan terpenuhi dan lain sebagainya.

Tentu saja fatwa haram golput yang dikeluarkan dalam sidang ijtima MUI di Padang ini telah melalui proses pertimbangan yang panjang, namun akankah berpengaruh pada peningkatan pemilih nantinya? Sesuai dengan pernyataan Anas Urbaningrum yang dikutip dari detik.com, "kalau diharapkan akan menjadi faktor utama pencegah golput, tentu saja sangat berlebihan. Golput tidak bisa dilawan dengan fatwa. Menekan golput adalah dengan cara melakukan gerakan sadar memilih. Fatwa agak ringkih kemampuannya untuk menekan golput." Bila berpengaruh sedikit tentu saja akan menurunkan kredibilitas MUI dan pengaruh fatwa2 selanjutnya karena hal ini seperti memproklamirkan banyaknya umat yang tidak menggubris ulamanya.

Mengapa golput akan tetap tinggi itu disebabkan dibenturkannya masalah agama dengan hukum negara yang jelas2 menyatakan memilih dan dipilih adalah hak warga negara dan bukan kewajiban. Dikatakan golput membuat mubazir biaya pemilu yang besar. Masa sih mubazir? partai pemenang akan tetap ada, anggota dewan akan tetap terpilih dan pemimpin negeri akan tetap naik walaupun golput ada, semua akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Lalu dimana merugikannya..? toh itu adalah pesan dan kritik untuk mereka yang terpilih.

Namun bila dicermati, fatwa haram golput juga dibarengi dengan pernyataan2 MUI untuk memilih pemimpin yang amanah (bisa dipercaya), sidiq (jujur), tabligh (menyampaikan) dan fatonah (cerdas). Ke empat sifat yang ada pada Nabi ini mungkinkah ada sekaligus pada parpol kita? Bisa jadi ini berarti MUI masih memberikan ruang untuk golput selama parpol atau calon pemimpin tidak memenuhi persyaratan tersebut.

Fatwa haram golput juga dibarengi dengan fatwa haram merokok yang sama kontroversialnya. Fatwa ini tidak berani dibuat secara tegas karena merokok haram dengan catatan hanya untuk anak2 dan wanita hamil, dan bila dilakukan ditempat umum. Haram kok separo2? Fatwa-fatwa ini jelas akan menjadi perdebatan serius kedepannya nanti dan kedua2nya akan menjadi batu sandungan bagi MUI bila fatwa tersebut sulit untuk diindahkan bagi para pelakunya.

10 comments:

Anonymous said...

Ok, ok, you'll be able to substitute close grip bench press for that just one.

Also visit my web site - helpful hints

Anonymous said...

By various speeds, resistance and incline, the Tread
Climber easily adjusts the exercise to ensure that extreme intervals are accompanied by relatively
light-walking, then back to much more stairs.


Feel free to surf to my website: adjustable weights

Anonymous said...

Even so the truth is if you want to add people inches on
your arms, it's essential to grow your legs initially.

Here is my website ... www.getfitnstrong.com/adjustable-dumbbells/

Anonymous said...

Hectic men and women will likely really recognize this products mainly because it allows them to training with the convenience
of their have houses alternatively of planning to the health and fitness
center.

Here is my blog post - bowflex selecttech 552 dumbbells

Anonymous said...

One particular example of this is through the
use of dumbbells whilst conducting crunches.


my web blog ... bowflex dumbbells 552

Anonymous said...

As with any plan every one of the work out within the world will never enable substantially if you do not take in suitable and get enough rest that you are fighting a dropping battle.


My blog - adjustable dumbbell set

Anonymous said...

They're finest served consuming five or 6 tiny (3-400 calories) meals a day to continue to keep their metabolism within a "digesting mode.

Take a look at my web blog; bowflex hand weights

Anonymous said...

You do not use a bench, you should not worry!



Feel free to visit my web-site ... www.getfitnstrong.com

Anonymous said...

To your gain, the Bowflex Sequence seven Treadmill folds
up for simple storage in addition includes a built-in three-speed supporter, two container holders and
scenarios, and quick-speed keys to your improved simplicity and comfort of use.


Take a look at my blog - Recommended Resource site

Anonymous said...

Lately, men and women have even applied static contraction with Bowflex dwelling gym.



Also visit my blog post: www.getfitnstrong.com/adjustable-dumbbells/dumbbell-sets/

    • Popular
    • Categories
    • Archives