Saturday, June 23, 2007

Batpil ala Milis Sehat

(pic) Shafa 3,5 bulan, masih ASI ekslusif nih....

Aduh lagi flu nih.... kasian Shafa sama mamanya jadi ikut ketularan. Untungnya Shafa bayi produk ASI, jadi masih tetap lincah dan riang, cuma setelah agak malam jadi agak rewel. Untuk menambah ilmu kesehatan keluarga (terutama kesehatan bayi) saya mengikuti milis sehat. Milis ini saya ketahui dari KOMPAS. Saya anjurkan untuk semua orang tua untuk mengikuti milis ini, banyak pemahaman kita selama ini yang ternyata salah dan di milis ini membahasnya untuk kita. Pada intinya milis ini menganut Reasonable Use of Drugs... maksudnya menggunakan obat secara benar, bukan membabi buta seperti selama ini masyarakat kita lakukan. Pokoknya setiap sakit sedikit saja pastilah minum obat, yang dalam jangka waktu lama akan malah menimbulkan masalah baru di tubuh kita.

Contohnya sakit flu atau batuk pilek.
Selama ini kita menggunakan antibiotik untuk mengobati segala penyakit, ke dokter pun pasti diresepkan antibiotik juga. Rajanya obat pokoknya... Namun ternyata penggunaan antibiotik yang salah malah akan menyebabkan bakteri yang merugikan semakin kebal. Pada kasus batuk pilek, antibiotik tidak dibutuhkan karena batpil disebabkan oleh virus bukan bakteri. Menggunakan antibiotik sama saja dengan membunuh bakteri yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Bayangkan saja bila kebiasaan ini terus dilakukan selama bertahun-tahun.

Pengobatan flu atau batuk pilek sebenarnya cukup sederhana, istirahat dan makan yang cukup. Bisa ditambahkan dengan pengusapan balsem atau dengan uap air panas untuk meringankan pileknya. Bila kasus ini terjadi pada anak bayi kita selain dengan cara di atas juga dengan menjemurnya di pagi hari dan menggunakan larutan NaCL untuk melegakan hidung yang tersumbat karena pilek. Kecuali bayi anda sudah cukup pintar untuk menyisih ingus dari hidungnya.... Demam yang menyertai flu sebenarnya juga suatu proses dari dalam tubuh untuk menghancurkan virus-virus yang sedang menyerang tubuh, jadi jangan terburu-buru minum obat penurun panas.

Nah, itu baru satu tips dari milis sehat untuk hidup lebih baik dan lebih sehat. Bayangkan, masih banyak tips dan info lain dari milis ini yang akan sangat berguna untuk kita. Cuma masalahnya memang mengubah paradigma lama dari keluarga kita. Bisa-bisa diomelin, katanya, "anak sakit kok dibiarin ajah....!"

No comments:

    • Popular
    • Categories
    • Archives