Monday, May 18, 2009

Instalasi GSM Modem Sierra 881U

Tidak lengkap bila netbook tidak ditemani oleh fasilitas internet. Oleh karena itu aku membeli sebuah GSM Modem sebagai pasangan Axioo Pico sebagai interface ke internet. Alasan aku memilih GSM modem adalah karena mendapat fasilitas harga corporate dengan menggunakan telkomsel flash. So, pilihan yang termurah sudah pasti yang aku pilih... hehe gak jauh2 ya masalahnya.


Untuk merek modemnya, setelah melakukan online survei, pilihan jatuh pada modem Sierra Wireless 881u yang kisaran harganya masih dibawah 800 ribu rupiah, jauh dibawah bandrol modem2 lainnya. Tapi soal kemampuan sierra tidak perlu diragukan lagi. Menurut rekomen teman2 online, modem ini tangguh dan mampu menangkap sinyal lebih baik dibanding modem lainnya. Kelebihan lainnya adalah mempunyai fasilitas GPS dan slot antena eksternal. Coba lihat deh spesifikasi lengkapnya di bawah ini:

Sierra AirCard 881U (USB)

USB modem GSM/GPRS/EDGE/3G/UMTS/HSDPA/HSUPA
Quad band 900/1800/1900/2100mhz
Multi mode speed up to 7,2 mbps download & 2mbps upload

Sierra 881U features:
Wireless data at speeds up to 7,2 Mbps on HSPA capable networks
High performance antenna in rugged housing
Supports HSUPA, HSDPA and UMTS on the 2100, 1900, 850 Mhz band
Supported OS: Windows® Vista, XP, 2000, Mac OS
GPS (Global Positioning System) for Location Based Tracking Satelite (Optional)
AirCard 881U tidak bisa digunakan untuk voice call,
Menu VOICE & Dialpad hanya berfungsi untuk cek pulsa
Ukuran unit : 9cm x 5cm x 1,5cm

Kekurangannya adalah bentuknya yang lebih besar dibanding modem sekelasnya yang hanya sebesar USB flashdisk. Bentuk modem ini sebesar ponsel nokia tipe 82xx dan mempunyai batere eksternal (ini kekurangan bukan yah?). Di situs resminya disebutkan Sierra 881u sudah tidak diproduksi lagi sejak Oktober 2008 dan hanya disupport hingga Oktober 2010.

Aku membeli modem ini seharga 770rb rupiah untuk yang sudah support GPS. Karena sebelumnya harga terendah yang kudapatkan adalah 800rb, maka kukira aku sudah cukup beruntung. Namun beberapa hari kemudian aku cek di internet, ada yang berani melepas Rp 750rb. Mungkin karena pengaruh dolar yang semakin rendah.

Tips: Anda lebih baik membeli Sierra 881u yang non GPS karena harganya jauh lebih rendah. Di internet ada yang menawarkan Rp 600rb. Dan bila Anda ingin mendapatkan fasilitas GPS, cukup dengan mengupgrade firmwarenya secara gratis tis.. oke kan! Namun resikonya bila proses upgrade tidak benar, maka modem Anda hanya bisa digunakan untuk ganjal pintu saja. Namun berdasarkan pengalaman teman yang sebelumnya tidak tahu resikonya, ia bolak balik mengupgrade firmware dan untunglah modemnya baik-baik saja.

Sebagai tambahan, Sierra 881u juga menyediakan eksternal antena untuk sinyal yang lebih baik dan docking untuk meletakkan modem, digunakan terutama bila posisi USB yang cukup sulit bagi modem yang dapat dibeli secara terpisah.

Proses instalasi cukup mudah namun tidak yang mudah sekali karena ada beberapa step yang harus Anda lakukan secara benar supaya semuanya lancar.
1. Anda cukup menginstal software 3G Watcher dari CD bawaan Sierra.
2. Jangan colok modemnya dulu. Restart kompie Anda terlebih dahulu.
3. Baru colokan modem dengan SIM card yang telah terpasang ke USB yang ada.

Bila aplikasi 3G Watcher otomatis launch dan status provider dikenali, maka proses instalasi sudah selesai. Anda tinggal mensetting APN, user dan password agar terkoneksi dengan internet. Contohnya bila menggunakan Telkomsel Flash isi APN dengan "internet" dan mengosongkan user dan password. Lalu klik tombol Connect untuk terkoneksi dengan internet.

Sebagai catatan, sebelumnya karena aku tidak melaksanakan langkah ke 2 dengan langsung mencolokan modem ke usb, koneksi dengan modem tidak terjadi, hanya menyebutkan proses instalasi masih berlangsung... Ada satu lagi, untuk instalasi 3G Watcher dari CD tidak mensupport bila windows XP masih SP 1.

Selanjutnya bila Anda ingin berhenti berinternet, cukup tekan tombol Disconnect, tutup aplikasi 3G Watcher dan cabut modem dari USB.

Hingga saat ini, aku sangat puas dengan kemampuan Sierra 881U ini. Sebenarnya aku juga membeli eksternal antenanya, namun selama ini sinyal yang aku dapat sudah lebih dari cukup.

Semoga artikel ini berguna Sob!

No comments:

    • Popular
    • Categories
    • Archives