Wednesday, January 24, 2007

Susahnya Mencari Nama

Sejak dokter kami menyatakan bahwa bayi kami berjenis kelamin perempuan, aku mulai mereka-reka dan merangkai kata untuk nama untuk calon bayi kami. Dari sekedar mengunjungi situs-situs nama bayi di internet, mengikuti milis nama bayi, membaca buku tentang nama bayi hingga membaca novel-novel yang siapa tahu memuat nama yang sreg untuk bayi kami. Namun sayangnya hingga kini kami belum mendapatkan nama yang cocok. Memang aku agak banyak memberi persyaratan untuk nama yang akan kami pilih. Selain mempunyai arti yang baik juga mempunyai pengucapan yang mudah tapi tetap enak di dengar. Juga kalau bisa tidak jauh-jauh dari nama anak Indonesia, jawa atau Sunda, juga nama yang Islami.

Lucunya banyak orang yang memberikan nama untuk anak dengan begitu mudahnya. Contohnya adalah putra tetanggaku, mereka memberikan nama Dolar Rupiansyah karena saat itu nilai tukar Dolar yang sedang tingi-tingginya. Lalu aku juga pernah membaca ada seseorang yang mempunyai nama Sukar karena sulitnya sang ibu dalam melahirkannya. Juga ada seorang aktivis yang memberikan nama Gusur Soeharto untuk anaknya yang lahir sebelum masa turunnya Soeharto. Bahkan saat aku mencari di internet, ada seseorang yang memberikan nama Sydzakar Vaginawati untuk putrinya. Aku sulit membayangkan pertanyaan-pertanyaan yang akan didapat bila anak-anak tadi beranjak besar.

Selain itu beberapa orang ada yang memberikan nama merujuk kepada seorang tokoh yang dikagumi orang tuanya saat itu. Adakah teman anda yang bernama Saddam Hussein atau Yasser Arafat? Aku mempunyai kenalan dengan nama tadi. Aku yakin orang tuanya sangat mengidolakan tokoh-tokoh tadi. Tapi apakah mereka tahu bahwa Saddam berakhir sebagai seorang diktator yang harus mati di tiang gantungan? Lalu ketika Osama bin Laden menjadi target incaran Amerika, banyak anak yang dinamai Osama atau Usamah. Padahal setelahnya kita tahu bahwa Osama tidak jauh berbeda dengan teroris. Oleh karena itu aku sudah mewanti-wanti untuk tidak menyamakan nama anak kami dengan tokoh siapapun. Karena bisa saja saat ini tokoh itu dipuja dilain waktu ia dihujat.

Memang sulit mencari nama yang baik hari ini dan nanti. Karena nama adalah doa.

5 comments:

pyuriko said...

Jadi saat ini blom dapat nama yang baik yaaa Mas???


Well,... apapun itu, smoga jadi nama yang baik, dan penuh berkah....

Anonymous said...

nama adalah doa dan harapan...se7 dengan mas arnov.

semoga cepet dapat nama yang pas ya mas..sesuai dengan harapan ke2 ortunya..

Anonymous said...

usul ni, nama ayi perempuan.... ZAKIA WULANDARI.
wuiiiiiiiiiiiiiiiiih, cantik kan? dulu,ceritanya pas masih sekolah, aku suka bikin nama gitu. temen2 di kelas aku suruh pilih. banyak banget nama yg aku buat saat itu. tanpa pedoman apa pun, namun masih bisa diartikan. tapi sayang, itu hanya kebiasaan aja, jadi lembar-lembar kertas [mungkin 50 lembar kali'], tidak aku simpan. hanya secara tidak sengaja aku mengingat nama yg aku usulin di atas. dulu, temen2ku di kelas merespon baik nama itu. sampai bisa dibilang BOOMING, jadinya aku ingat. entah ada orang sdh memakia nama itu ato belum. tapi kalo melihat zaman sekarang, nama bayi udah berbau modern. seperti arsya, trusssssssss syella dll. yang aku sering denger seh, nama bayi modern sekarang tu bunyinya agak sya-sya gitu.... tapi terserah aja deech, yang punya bayi kan bukan aku. aku nimbrung aja kok. see y :)>-

Vita said...

kmrn adikku nyiapin nama cewe Hanin Nasyamah, artinya perempuan suci yang berpribadian kuat dan penuh kasih sayang
klo saya suka Rana, bhs kawi klo g salah, arti cahaya.tp ga suka ketika nama itu di pake d supernova, ceritanya sedih :(
rayya juga cahaya
atau Hana, bhs jepang artinya bunga
pramudita =pandai, bhs jawa
ayra=terhormat
Lakeisha = hidup dalam keadaan baik

duhh bnyk klo kosakata sihhh, ada ym aja? biar bs trasfer bnyk he hee
atau k email aja ya?

dalphine said...

wah, selamat ya...

    • Popular
    • Categories
    • Archives