Saturday, December 02, 2006

Microlink

Saat ini aku bekerja sebagai staf di bagian Satellite And Microwave Transmission pada departemen Broadcast Support atau Teknik. Di kalangan sendiri kami biasa disebut microlink, entah apa sebabnya. Untuk orang awam, agak sulit juga untuk menerangkan pekerjaan yang aku geluti sehari-hari. Bahkan aku yakin istriku masih kurang paham dengan pekerjaanku ini. Ada keluargaku yang karena tidak mengerti dan buat gampangnya saja malah mengatakan aku tukang gulung kabel...:( hehe. Ada benarnya, namun tentu saja itu terlampau merendahkan. Jadi supaya lebih menjelaskan, baca saja tulisanku di bawah ini.

Pekerjaan utamaku bisa dikategorikan menjadi 2 bagian tanggung jawab besar. Sebagai televisi siaran swasta nasional, siaran kami tentu saja harus ditransmisikan secara nasional pula untuk direlay kembali oleh stasiun-stasiun daerah. Caranya adalah mengirimkannya melalui satelit Palapa C2. Kami bertanggung jawab atas kelangsungan dan kualitas siaran yang ditransmisikan atau istilahnya up-link ke satelit Palapa. Pekerjaannya cukup sederhana, memonitor hasil down-link dari satelit untuk berjaga-jaga jika transmisi memburuk. Biasanya transmisi terganggu saat cuaca buruk, mendung atau hujan dan kami cukup menaikkan power pada High Pass Amplifier/HPA agar dapat menembus gangguan cuaca tadi.

Tanggung jawab kami lainnya adalah mengoperasikan alat untuk mentransmisikan suatu program acara atau liputan berita baik melalui antena parabola via satelit maupun melalui antena microwave. Biasanya jasa kami dibutuhkan untuk program dan liputan yang bersifat langsung atau live.
Antena Microwave adalah alat yang kami gunakan untuk mentransmisikan siaran melalui gelombang mikro. Sifat alat ini adalah Line Of Sight/LOS atau harus saling berhadap-hadapan tanpa ada penghalang antara transmitter dengan receiver. Karena sifatnya ini, jarak dan lokasi sangat berpengaruh dalam penggunaannya.
Untuk jarak yang jauh atau tempat yang tidak bisa menggunakan antena microwave, kami menggunakan Satellite News Gathering/SNG. Mungkin kamu pernah mendengar SNG Van. SNG Van adalah antena parabola beserta peralatan pendukungnya untuk mentransmisikan sinyal ke satelit yang menjadi satu pada sebuah mobil van agar menjadi mobile. Selain SNG Van kami juga mempunyai SUT atau Satellite Uplink Truck, fungsinya sama dengan SNG Van namun dengan kemampuan yang lebih besar dan lebih kuat. Untuk tempat2 yang lebih jauh lagi dan harus menggunakan pesawat terbang, kami menggunakan SNG Flight Case/Fly Way atau biasa kami sebut SNG protolan. Sebelum menggunakannya, kami terlebih dahulu harus merangkainya menjadi sebuah antena parabola beserta peralatan pendukungnya, dan siap untuk LIVE.

Sebagai catatan SNG Van berbeda dengan OB Van atau Outside Broadcast Van. OB Van adalah mobile master control studio yang digunakan untuk ruang kendali siaran untuk lokasi outdoor.

Nah mudah2an semua sekarang sudah bisa mengerti bila aku menjelaskan pekerjaanku - yang bukan sekedar narik kabel... hu-uh!

4 comments:

pyuriko said...

Biar gimanapun,.. makasih penjelasnya... walaupun masih blom ngerti bedanya dimana, hehehe.

Vita said...

untung pernah nongkrong d radio nih, jd dikit2 ngerti deh, mana yang buat transmisi dan mana alat monitornya
maybe pernah liat juga ni mobil2 di parkiran trans atau d jalan.

mei said...

hmm jadi ngerti kalau si mas ngomongin OB van, ternyata bentuk mobile kayak gt tooo...hmmm

desan said...

SNG sama news van aja aku masih suka ketuker. padahal di mobil tertulis sejelas2nya :D

    • Popular
    • Categories
    • Archives